Rabu, 22 Desember 2010

Berpikir Kreatif

Oleh: Rudy Kustijono
Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan pekerjaan yang asli, tetapi yang sesuai dan bermanfaat (Berk, 2005). Kebanyakan psikolog setuju bahwa tidak ada pemikiran yang semua dapat meningkatkan kreativitas: orang kreatif hanya dalam bidang tertentu, sebagai contoh, John Irving di dalam menulis fiksi. Bagaimanapun, untuk dapat kreatif, 'penemuan' harus diusahakan. Satu penumpahan tinta kebetulan sehingga menghasilkan suatu desain roman bukanlah kreatif kecuali jika seniman mengenali potensi dari 'kecelakaan' atau menggunakan teknik penumpahan dengan sengaja untuk menciptakan karya-karya baru (Weisberg, 1993). Seperti kita sudah menyebutkan sebelumnya, meski kita sering mengaitkan seni-seni dengan kreativitas, tetapi setiap hal dapat didekati denan cara yang kreatif.
Berpikir  kritis banyak dipikirkan di otak kiri, sedang berpikir kreatif lebih banyak di otak sebelah kanan, mereka kedua-duanya melibatkan " berpikir." Biasanya kita sebut sebagai HOTS " higher-order thinking skills " yang terkonsentrasi pada tiga kompetensi kognitif tertinggi dari Taksonomi Bloom, yaitu analisis, sintesis, dan evaluasi yang perlu dikuasai siswa di  kelas. Berpikir kritis sering dikaitkan dengan berpikir kreatif.
The Liang Gie (2003) memberikan batasan,  bahwa berpikir kreatif adalah satu rangkaian tindakan yang dilakukan orang dengan menggunakan akal budinya untuk menciptakan buah pikiran baru dari kumpulan ingatan yang berisi berbagai ide, keterangan, konsep, pengalaman, dan pengetahuan. Pengertian ini menunjukkan bahwa berpikir kreatif ditandai dengan penciptaan sesuatu yang baru dari hasil berbagai gagasan, keterangan, konsep, pengalaman, maupun pengetahuan yang ada dalam pikirannya.
Berpikir kreatif melibatkan menciptakan sesuatu yang baru atau asli. Berpikir kreatif melibatkan keterampilan fleksibilitas, keaslian, kelancaran, elaborasi, curah pendapat (brainstorming), modifikasi, perumpamaan (imagery), berpikir asosiatif, mendaftar atribut, berpikir  berkenaan dengan metafora, membuat hubungan. Tujuan dari berpikir kreatif adalah untuk merangsang keingintahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir divergen.
Berpikir kreatif adalah suatu aktivitas mental untuk membuat hubungan-hubunan yang terus-menerus, sehingga ditemukan kombinasi yang “benar” atau sampai seseorang itu menyerah. Asosiasi kreatif terjadi melalui kemiripan-kemiripan sesuatu atau melalui pemikiran analogis. Asosiasi gagasan-gagasan membentuk gagasan-gagasan baru, jadi, berpikir kreatif mengabaikan hubungan-hubungan yang sudah mapan dan menciptakan hubungan-hubungan tersendiri. Pengertian ini menunjukkan bahwa berpikir kreatif merupakan kegiatan mental untuk menemukan suatu kombinasi yang belum dikenal sebelumnya.
Berpikir kreatif dapat juga dipandang sebagai suatu proses yang digunakan ketika seorang individu mendatangkan atau memunculkan suatu gagasan baru. gagasan baru tersebut merupakan gabungan gagasan-gagasan sebelumnya yang belum pernah diwujudkan. Pengertian ini lebih memfokuskan pada proses individu untuk memunculkan gagasan baru yang merupakan gabungan gagasan-gagasan sebelumnya yang belum diwujudkan atau masih dalam pemikiran. Pengertian bepikir kreatif ini ditandai adanya gagasan baru yang dimunculkan sebagai hasil dari proses berpikir tersebut.
Berpikir kreatif merupakan suatu aktivitas mental yang memperhatikan keaslian dan wawasan (ide). Berpikir kritis adalah suatu kemampuan untuk bernalar (to reason) dalam suau cara yang terorganisasi. Berpikir kritis juga merupakan  suatu kemampuan  untuk mengevaluasi secara sistematik kualitas pemikiran diri sendiri dan orang lain. Berpikir dengan kritis dan kreatif memungkinkan siswa mempelajari masalah secara sistematik, mempertemukan banyak sekali tantangan dalam suatu cara yang terorganisasi, merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang inovatif dan merancang/mendesain solusi-solusi yang asli.
Peneliti-peneliti sudah mempelajari proses-proses teori, faktor-faktor kepribadian, pola-pola dan latar belakang motivasional pengaaman untuk menjelaskan kreativitas tetapi untuk sungguh memahami kreativitas, kita harus memasukkan lingkungan sosial juga. Keduanya intrapersonal (pengamatan, kepribadian) dan faktor sosial mendukung kreativitas (Simonton, 2000). Teresa Amabile (1996) mengusulkan tiga model komponen dari kreativitas. Individu atau kelompok-kelompok kreatif harus mempunyai:
  1. Domain keterampilan relevan meliputi bakat-bakat dan kemampuan-kemampuan berharga untuk bekerja di dalam daerah itu. Satu contoh keterampilan Michelangelo dalam membentuk batu, yang dikembangkan karena ia menyesuaikan diri sebagai anak dari keluarga pemahat batu.
  2. Kreativitas proses-proses yang relevan meliputi kebiasaan-kebiasaan pekerjaan dan ciri kepribadian seperti Richard Branson yang secara teratur mulai hari kerja nya pada 04.30 dan tidak membedakan antara pekerjaan dan permainan dan kebiasaan John Irving yang bekerja sepuluh jam perhari untuk menulis dan menulis kembali dan menulis kembali sampai ia menyempurnakan kisah-kisah nya.
  3. Motivasi tugas dari dalam (intrinsik) atau kedalaman keingintahuan dan daya tarik yang mendalam dengan tugas. Aspek dari kreativitas ini dapat sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial, dan dengan dukungan otonomi pendukung, kecurigaan; rangsangan keingintahuan, harapan khayalan dan menyediakan tantangan.
Faktor sosial lain yang mempengaruhi kreativitas adalah apakah wilayah itu siap dan berkeinginan mengakui adanya sumbangan yang kreatif (Nakamura dan Csikszentmihalyi, 2001). Contoh-contoh dalam sejarah tentang terobosan-terobosan kreatif yang ditolak pada waktu itu (eg. teori dari Galileo matahari adalah pusat dari sistim tata surya) dan persaingan-persaingan antara pencipta-pencipta yang masing-masing mendorong tepi-tepi kreativitas (persaingan produktif dan ramah antara Picasso dan Matisse).
Langkah praktis berikut, yang diadaptasikan dari Fleith (2000) dan Sattler (1992), menguraikan beberapa kemungkinan lain untuk mendorong kreativitas.

Terimalah dan dorong pemikiran divergen
Contoh:
  1. Selama diskusi kelas,  minta siapapun menyarankan cara atau gagasan yang berbeda.
  2. Kuatkan usaha pada penyelesaian-penyelesaian msalah yang tidak biasa, sekali pun produk akhir belum sempurna.
  3. Berikan aneka pilihan  topik untuk proyek-proyek atau presentasi (yang ditulis, lisan, visual atau grafik, menggunakan teknologi).
Maklumi berselisih paham
Contoh:
  1. Minta murid untuk memahami perbedaan pendapat.
  2. Pastikan para murid tidak membiasakan diri hanya menerima satu bagian dari kelas atau karena diistimewakan dan diberi penghargaan.
Dorong para murid untuk mempercayai keputusan mereka sendiri
Contoh:
  1. Ketika murid bertanya yang anda pikir mereka dapat menjawabnya sendiri, kembangkan dengan cara lain atau memperluas pertanyaan tersebut dan kembalikan kepada para murid untuk menjawabnya sendiri.
  2. Tetapkan tugas tanpa adanya jawaban atau hasil-hasil yang pasti benar atau salah.
Tekankan bahwa setiap orang adalah mampu berkreasi dalam beberapa wilayah
Contoh:
  1. Hindari gambaran bahwa prestasi dari para seniman atau para pencipta seolah-olah mereka mereka berkemampuan melebihi manusia biasa.
  2. Kenali usaha-usaha kreatif pada setiap pekerjaan murid. Buat suatu komentar yang terpisah untuk keaslian di umpan balik tugas.
Sediakan waktu, ruang dan bahan-bahan untuk mendukung tugas-tugas kreatif
Contoh:
  1. Kumpulkan bahan-bahan untuk gambar yang dapat dibuat dari potongan-potongan  kertas, manik-manik, batu-batu dan lain-lain.
  2. Buat suatu ruangan di mana anak-anak dapat bekerja untuk tugas-tugas yang diberikan, dan meninggalkan mereka bebas mengembangkan kreasinya.
  3. Manfaatkan saat-saat yang mengesankan (darmawisata, liput berita, liburan) dengan peluang untuk berkreasi (menggambar, menulis, atau bermusik).
Berikan dorongan untuk pemikiran kreatif
Contoh:
  1. Berikan suatu sesi pengungkapan pendapat kelas kapan pun.
  2. Berikan kesempatan mengusulkan penyelesaian-penyelesaian yang tidak biasa untuk permasalahan kelas.
  3. Dorong murid untuk menunda (tidak tergesa-gesa) memutuskan usul tertentu dalam memecahkan suatu masalah sampai semua berbagai kemungkinan telah dipertimbangkan.
Sebagai tambahan dalam usaha mengembangkan kreativitas melalui interaksi-interaksi sehari-hari dengan para murid, para guru dapat mencoba pengungkapan pendapat. Ajaran dasar bramstorrninal adalah memisahkan proses penciptaan gagasan-gagasan dari proses mengevaluasi mereka karena evaluasi sering kali menghalangi kelancaran dan fleksibilitas (Osborn, 1993). Evaluasi, diskusi dan kritik ditunda sampai semua usul mungkin telah dibuat. Dengan cara ini, satu gagasan mengilhami yang lain; orang-orang tidak menahan penyelesaian-penyelesaian kreatif berpotensi ke luar dari ketakutannya terhadap kritikan. John Baer (1997: 43) memberi aturan-aturan ini dalam pengungkapan pendapat:
  1. Jangan tergesa-gesa mengambil keputusan.
  2. Hindari kepemilikan dari gagasan-gagasan. Ketika orang-orang merasa bahwa satu gagasan adalah milik mereka, ego-ego kadang-kadang menghalangi pemikiran kreatif. Mereka nampaknya akan lebih bertahan pada gagasan-gagasan kritis, dan mereka kurang bersedia untuk membiarkan gagasan mereka dimodifikasi.
  3. Hindari membonceng gagasan-gagasan yang sudah diungkapkan. Ini berarti telah menyetujui unsur-unsur dari gagasan-gagasan telah ada, atau untuk membuat modifikasi-modifikasi sedikit gagasan-gagasan telah diusulkan.
  4. Dorong gagasan-gagasan liar. Gagasan-gagasan yang mustahil, yang tidak dapat dilaksanakan secara total boleh dikemukakan seseorang untuk berpikir tentang yang lain, gagasan-gagasan lebih mungkin, lebih dapat dikerjakan.
Dalam riset yang terbaru diungkapan pendapat oleh Brown,V.R. dan Paulus, P.B. (2002),' Making menggolongkan pengungkapan pendapat lebih efektif: Pujian; rekomendasi dari satu perspektif memori yang asosiatif', Arah Yang Ada di Psychological Science, 11, pp208-212. topik-topik yang berbeda bisa dicakup, ditutup di dalam suatu bab, lalu meninggalkan daftar dan kembali kemudiannya untuk mengevaluasi gagasan-gagasan. Pengungkapan pendapat bisa merupakan suatu aktivitas sangat menyenangkan seperti di banyak pikiran sehat tidak ada yang benar atau salah. ini merupakan suatu irama seperti 'bermain' dengan semua gagasan yang mungkin, pemilihan, menolak dan menggerakkan gagasan-gagasan di sekeliling sampai keseluruhan yang diorganisir  Mempertanyakan efektivitas gagasan-gagasan yang sudah ada bisa merupakan suatu pengalaman sangat kreatif. 

Saduran bebas dari buku: Psycology in Education - Anita Woolfolk, Malcolm Hughes, Vivienne Walkup (Person Education Limited: Longman-2008).

2 komentar:

  1. Dari penjelasan yang bapak berikan mengenai bagaimana menimbulkan rasa kreatifitas pada peserta didik kita, yang saya mau tanyakan
    apakah kita harus menerima semua sikap kreatifitas dari peserta didik kita????

    bagaimana cara kita untuk mengarahkan kreatifitas peserta didik agar bersifat positif????

    BalasHapus

  2. ingin permainan yang pasti.. yuk gabung di ion-qq-com.. pin bb : 58a-b14-f5

    BalasHapus